Sadarkan Masyarakat Peduli Lingkungan GenBI Sulsel Gelar Bersih Indonesia

oleh

Generasi Baru Indonesia (GENBI) wilayah Sulawesi Selatan mengadakan GenBI Bersih Indonesia, yang dilakukan di hutan Mangrove lantebung, kelurahan Bira, kecamata Biringkanaya, dari Sabtu-Minggu (30 November-1 Desember).

Kegiatan ini dibuka langsung Direktur BI KPw Sulawesi Selatan Endang Kurnia Saputra.

Andi Muh. Alif Ichwan, selaku Ketua Umum GenBI Wilayah Sulawesi Selatan, GenBI Bersi Indonesia adalah agenda rutin tiap tahun. Selein itu, merupakan program sosial Bank Indonesia, guna mencari permasalahan ekonomi di masyarakat.

“Adapun tujuan dari Bersih Indonesia 2019 ini ialah meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan ekowisata di Lantebung, melatih kemampuan masyarakat dalam pengelolaan sampah, serta mendukung pengadaan fasilitas ekowisata lantebung. Jadi program kerja yang akan dilaksanakan besok di hari kedua ialah penanaman bibit mangrove sebanyak 1500 bibit mangrove, sehingga kedepannya Lantebung nantinya menjadi hutan mangrove besar yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan bisa mendatangkan banyak wisatawan untuk berkunjung.” Ujarnya.

Lebih lanjut, GenBI sebagai agent of change, Bank Indonesia berupaya memberikan dedikasi terbaik untuk negeri. Dalam GenBI Bersih Indonesia hari pertama dilaksanakan workshop pengelolaan sampah mengahdirkan Kahfiani,S.Hut selaku Plt. Kabid Persampahan, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, menjadi narasumber.

Tak hanya pemberian materi, Kahfiani mengajak masyarakat dan rekan-rekan GenBI untuk praktik langsung, cara mengelola sampah plastik menjadi barang hias yang bernilai ekonomi.

Selain Kahfiani, pemateri lain yaitu Sadam Husain Public Relation Mall Sampah. Sadam berbagi ilmu pada warga Lantebung, terkait kiat-kiat menjaga lingkungan.

Contohnya saja menggunakan media seperti stainless straw, bamboo straw, dan paper straw guna mengurangi penggunaan plastik. Dia juga, memberi informasi bahwa adanya aplikasi Mall Sampah, melalui Mall Sampah masyarakat bisa menukar sampahnya dengan poin yang bisa ditukar dengan barang ataupun uang.

Sementara Alif salah satu Frontliner, GenBI Sulsel mengharapkan, dirinya mampu berkontribusi sebesar-besarnya dan sebaik-baiknya khususnya bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Serta tidak pernah padam semangatnya terhadap peduli lingkungan.

“Semoga dengan diadakannya kegiatannya ini selalu ada evoluasi dan pengembangan sehingga Genbi Festival bisa menjadi Representasi GenBI Sulsel untuk menunjukkan eksistensinya sebagai Front-liner Bank Indonesia.” Ujar Mahasiswa Jurusan Ilmu Akuntasi Universitas Hasanuddin tersebut.

Diketahui kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Ir. Andi Suraffo, M.Si, H. Kaharuddin Bakti selaku Camat Tamalanrea, Muh. Kasim S.Sos selaku Lurah Bira, dan Kepala Kelompok Sadar Ekowisata Lantebung yaitu Bapak Sarabba, serta berbagai Komunitas-komunitas Peduli Lindungan.