Pj Walikota Makassar Nilai Pemangkasan Eselon Langkah yang Tepat

oleh

Pj Walikota Makassar menilai, langkah memangkas eselon oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), di seluruh instansi pemerintah yang efektif dilaksanakan pada 2020 mendatang, sudah tepat.

Hal itu, di ungkapkannya pada awak media Selasa kemarin (3/12/2019). Bahkan dirinya menyambut baik rencana tersebut, selain itu pemangkasan itu baik untuk mengefisienkan kerja-kerja pemerintahan.

“Justru bagus untuk efisiensi. Jadi jelas kerjaannya, tidak ada lagi orang yang bekerja tidak jelas apa kerjanya,” ujarnya.

Menambahkan, beberapa SKPD memang membutuhkan eselonisasi. Ia memberi contoh Inspektorat yang memiliki pekerjaan utama sebagai pemeriksa.

Dengan begitu, menurut Iqbal, Inspektorat justru harus memiliki lebih banyak jabatan fungsional dibanding jabatan struktural.

“Seperti misalnya juga di Balitbangda. Tugas pokoknya adalah peneliti. Yang diperbanyak adalah pegawai peneliti. Nda perlu strukturalnya,” jelas Iqbal.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan akan memangkas eselon III dan eselon IV dalam struktur jabatan aparatur sipil negara (ASN).

Pasalnya, pemangkasan jenjang kepangkatan dan golongan tersebut dibutuhkan untuk menyederhanakan birokrasi negara dan mengurangi hambatan-hambatan yang dapat mengganggu masuknya investasi.(Nur)