Tuti Supatminingsih Calon Dekan FE UNM Perempuan Pertama yang Ingin Membawa Perubahan

oleh

Dr. Tuti Supatminingsih perempuan pertama yang maju jadi kandidat dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (FE UNM) untuk masa jabatan 2019-2024. Bila kelak di percayakan menduduki jabatan itu, dia akan membuat tatanan baru, sehingga mampu mengubah kearah yang lebih baik.

Saat dikonfirmasi, Mantan Wakil Dekan (III) itu menyampaikan. Mungkin ada tantangan, ketika mengubah sistem lama. Hal tersebut, lantara sulitnya rasa persaudaraan yang terjalin di ranah kemahasiswaan.

“Saya maju karena siri’. Saya ingin kembali ketika Mahasiwa saya berkelahi. Perasaan saya itu hancur, saya menangis melihatnya,” ujar Tuti sapaannya.

“Orang lain menuju globalisasi, kejar karir, kejar gaji tinggi, sementara kita masih berkelahi dengan teman sendiri. Sesama fakultas ekonomi,” lanjutnya.

Menambahkan, dirinya siap pangkas segala gejala yang bisa menimbulkan perpecahan antar mahasiswa.

“Saya anggap, ada komunikasi tidak jalan antara dosen dan mahasiwa prodi fakultas. Ada yang tidak nyambung persaudaraan antar mahasiswa. Tidak menyatu ini mahasiswa. In sha Allah kedepankya kita akan perbaiki itu,” tuturnya.

Dengan pengalaman menjadi tenaga pengajar yang profesional dan pernah menjadi wakil dekan III, ia yakin mampu mewujudkan visinya menjadikan alumni fakultas ekonomi yang berwawasan dan berkarakter global.

“Saya ingin alumni fakultas ekonomi menjadi sarjana global yang berwawasan kewirausahaan. Malaysia dan Singapura itu butuh barang-barang impor kebutuhan pokok,” lanjutnya

Hal demikian, ia ambil contoh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia dan Singapura rata-rata menjadi pembantu. Oleh karena itu, menurut Tuti harus ada mindset revolution.

“Nah kita mau, alumni kita bekerja intelek, jadi expert. Kita lebih pintar dari sana, kita lebih kaya,” ujarnya. (Nur)