Kepala Disporapar Kota Parepare, Mengajak Masyarakat Lestarikan Budaya Bugis di Event TP Fest

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE– Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) mengajak seluruh masyarakat turut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Parepare yang ke-60 tahun, dengan mengikuti berbagai lomba budaya yang merupakan salah satu rangkaian acara Festival Tapadallaoki Parepare (TP Fest). Rencana kegiatan dibuka tanggal 20 Februari hingga 26 Februari 2020.

Kepala Disporapar Kota Parepare , yang Mantan Kabag Humas Setdako Parepare ini menambahkan, permainan lokal juga dilombakan pada acara TP Fest. Seperti lomba Mangasing dan lomba Mallongga.

Menurutnya, Mangasing dan Mallongga merupakan salah satu permainan tradisional Bugis yang mulai ditinggalkan akibat beralihnya anak-anak bermain dgn Gadget.

“Ayo lestarikan budaya kita melalui lomba. Permainan ini diadakan bagi anak Sekolah Dasar untuk menyatakan keceriaan mereka,” katanya.

Selain itu, Amarun Agung Hamka mengatakan, ada beberapa lomba budaya yang akan digelar. Seperti lomba Tari Kreasi, Tari Gandrang Bulo, Mangasing dan Mallongga.

Dia menjelaskan, lomba Tari Kreasi dilaksanakan sebagai bentuk membina, mengembangkan dan meningkatkan kreativitas pemuda Parepare dan sekitarnya. Begitupun Tari Gandrang Bulo, lanjut dia, menyiratkan kebersamaan, kekeluargaan dan keceriaan yang menggambarkan ciri masyarakat Sulsel.

“Lomba tari ini diharapkan dapat melestarikan serta meningkatkan apresiasi masyarakat khususnya pelajar, terhadap seni tari melalui TP Fest,” ujarnya, Selasa (11/2/2020).

Lanjut Hamka, TP Fest juga menyajikan Seminar Enterpreneur yang membahas terkait content creator, dengan mengikuti perkembangan jaman.

“Content creator merupakan profesi yang kini sedang naik daun di era perkembangan dunia digital. Popularitas dan endorse dari berbagai brand, tentu saja menantang setiap orang untuk mencobanya. Nah, apa sih content creator itu? Ikuti Seminar Enterpreneur sebagai salah satu rangkaian TP Fest,” ungkapnya.

Semenatar itu, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengatakan, demi suksesnya event tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah kota, seluruh pihak diharapkan dapat memberikan dukungan.

“Kita imbau seluruh stakeholder ikut terlibat memeriahkan event ini, diharapkan pula agar masyarakat dapat ikut serta menjadi bagian dalam setiap kegiatan lomba yang digelar pada festival nanti,” kata Ketua DPD II Gokkar Parepare ini.(7ar)