Semarakkan HUT Kota Ke-60, Pemkot Parepare Gelar Baksos

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE–Menyemarakkan HUT Kota ke-60, Pemerintah Kota Parepare menggelar bakti sosial (baksos). Baksos yang terdiri dari beberapa agenda kegiatan ini digelar di Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare, Sabtu (15/2/2020).

Hal itu disampaikan Koordinator Bidang Baksos yang juga Kepala Dinas Sosial Parepare ini, Hasan Ginca

“Kegiatan baksos pagi ini adalah rangkaian menyemarakkan HUT Kota Parepare ke-60 tahun,” ujar Hasan Ginca, Koordinator Bidang Baksos yang juga Kepala Dinas Sosial Parepare ini.

Hasan Ginca mengatakan, bakti sosial bekerjasama SKPD terkait, seperti Dinas Kesehatan dan RSUD Andi Makkasau Parepare.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD kata dia, meliputi senam prolanis, donor darah, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut oleh PDGI, dan penyuluhan stunting.

Hasan Ginca menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti Senam Prolanis.

“Jumlahnya ratusan orang, terdiri dari 100 orang siswa SD, 60 orang SMP, prolanis 150 orang, dan 100 orang ormas dan OKP,” sebut Hasan Ginca.

Salah satu organisasi sosial kemasyarakatan yang ikut hadir menyemarakkan baksos itu, adalah Pengurus Karang Taruna Parepare.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Dr Hj Halwatiah menguraikan manfaat senam prolanis sebagai pencegahan dini penyakit kronis di usia senja.

“Gerakan-gerakan senam prolanis ini berbeda dengan senam pada umumnya. Gerakannya lembut sehingga bisa diikuti oleh penderita penyakit kronis sehingga secara perlahan dan mampu mencegah penyakit kronis, seperti hipertensi diabetes miletus, dan jantung,” papar Halwatiah yang tercatat sebagai pasien pertama dalam kegiatan Donor Darah pada baksos, disusul Hasan Ginca sebagai pasien kedua dalam aksi donor darah.

Kegiatan baksos ini dibuka oleh Wakil Walikota Parepare, H Pangerang Rahim didampingi Sekda, Iwan Asaad, dan sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkot Parepare.(7ar)