Adira Finance Parepare : Usai Penangguhan, Angsuran Bertambah Dipembayaran Berikutnya

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE– Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan keringanan kepada debitur perbankan yang terdampak efek Virus Corona (Covid-19) untuk restrukturisasi kredit.

Selain itu, nasabah perusahaan pembiayaan (multifinance) atau leasing yang terdampak juga bisa melonggarkan cicilan hingga 1 tahun ke depan.

Namun tidak untuk Adira Finance Parepare, Debt Kolektor Internal Adira Finance, Ikin Sirajuddin, Mengatakan, pengajuan penangguhan kredit kurang lebih sama dengan pengajuan kredit baru.

“Kalau proses pengajuan nya, harus saya foto atas nama dengan unit nya, dan tanda tangan ulang berkas pengajuan untuk permohonan restrukturisasi, sama dengan proses pengajuan baru,”ujarnya.

Selain itu, Ikin Sirajuddin menambahkan, bila pengajuan penangguhan kredit disetujui, maka penangguhan itu hanya berlaku dua bulan saja.

“Penangguhan berlaku dua bulan saja, dan dibulan selanjutnya, angsuran nasabah berikutnya akan bertambah dari angsuran nasabah sebelumnya,”ucap Ikin melalui Via WhatsApp.

Aturan pengajuan penangguhan kredit, lanjut dia, dikeluarkan dari perusahaan.

“Iye sperti itu aturan kalau mau restrukturisasi penangguhan kreditnya pak,”tandasnya.

Dalam hal ini, dikutip dari salah satu media online, Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli menjelaskan, pihaknya sudah bertemu dengan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

“Kami sudah ada pembicaraan dengan APPI dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga sudah menentukan arah restrukturisasi kreditnya seperti apa,”ujarnya.

Hafid Hadeli menyatakan, Adira sudah menetapkan sejumlah program keringanan kredit bagi nasabah di antaranya yaitu perpanjangan masa pinjaman, serta pembayaran angsuran sebagaian atau partial payment.

Untuk perpanjangan masa angsuran ini, dia mencontohkan misalnya nasabah memiliki angsuran dengan sisa tenor 12 bulan, setelah diajukan dan dilakukan penilaian tim internal, nasabah dapat diberikan perpanjangan waktu pembayaran cicilan selama 3, 6, bahkan sampai 12 bulan,”ucapnya.(7ar)