Cegah Covid-19, Pemkot Parepare Tiadakan Salat Jumat

oleh

MACCANEWS, PAREPARE- Menindaklanjuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan surat edaran Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mengeluarkan sejumlah maklumat, salah satunya peniadaan pelaksanaan shalat jumat dan diganti dengan shalat dhuhur di rumah masing-masing.

Selain itu, kegiatan yang notabenenya sering diadakan dimesjid, dan pelaksanaan Isra’ Mi’raj yang tentunya berpotensi menghadirkan orang banyak. Hal itu disampaikan Sekretaris Kota (Sekkot) Parepare, Iwan Asaad, Kamis (02/04/20).

“Ini juga penting, untuk seluruh pengurus masjid se-Kota Parepare agar menghentikan sementara kegiatan jemaah tabligh atau kelompok jemaah yang ingin melakukan Itikaf atau berdiam diri di masjid,” ujarnya.

Tidak hanya umat muslim lanjut dia, Imbauan serupa juga disampaikan kepada umat Nasrani, Hindu, Budha, Konghucu yang ada di Parepare.

“Kami imbau agar pelaksanaan ibadahnya dapat dilakukan secara tatap muka, diganti dengan pemanfaatan teknologi digital dan media sosial, Mari kita tetap menjaga dan memelihara kebersihan diri dan lingkungan serta memperbanyak doa agar dapat terhindar dari wabah Covid-19,” lanjut Iwan.

Pemerintah daerah sewaktu-waktu akan mengevaluasi imbauan tersebut sesuai dengan situasi penyebaran virus corona di Parepare. (7ar)