Gubernur Kunjungi Pelabuhan, Taufan: Setiap Kedatangan Kapal Kita Semprotkan Disinfektan

oleh

MACCANEWS, PAREPARE – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah (NA) mengunjungi Pelabuhan Nusantara Kota Parepare guna memastiakan kesiapan pelabuhan untuk menerima penumpang dari dua lokasi berbeda, yakni penumpang dari Nunukan dan Samarinda.

Nurdin mengatakan, kesiapan pelabuhan dalam melakukan protap penanganan Covid-19 dibutuhkan dalam mencegah penyebaran virus corona.

“Salah satu pintu masuk ini perlu diperketat yakni melalui laut, karena tidak sedikit juga penumpang yang masuk merupakan warga yang telah berkunjung dari beberapa daerah, yang ditakutkan bisa terdampak pada penyebaran virus tersebut,” katanya.

NA mengaku akan memperketat protap penanganan virus corona. Karena, sampai saat ini belum ada instruksi penutupan aktivitas pelabuhan, khususnya pelabuhan Kota Parepare dan Kota Makassar.

“Yang kita lakukan memperketat pintu masuk ini, disinilah mulai kita saring agar bisa ditahu jika penumpang tersebut mengalami gejala atau tidak, dan kita juga lakukan isolasi kepada penumpang selama 14 hari, ini dilakukan untuk memastikan tidak ada gejala dan masa inkubasi bisa berakhir,” jelasnya.

Sementara Wali Kota Parepare yang turut menyambut kedatangan Nurdin Abdullah mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kesehatan saat ini telah bekerjasama dengan Pelindo untuk memperketat pengawasan pintu masuk pelabuhan.

“Salah satunya dengan penyemprotan disinfektan pada barang penumpang, dan juga langkah pemeriksaan suhu tubuh penumpang, selain itu kita juga menyemprotkan disinfektan di seluruh lokasi pelabuhan dan juga titik yang dilalui warga, agar kondisi semuanya diharapkan bisa steril,” katanya.

Taufan, menuturkan, jika terdapat penumpang yang memiliki gejala atau dicurigai terdampak virus tersebut, maka tenaga medis yang bertugas langsung melakukan penanganan lebih lanjut, dan membawa ke RSUD Andi Makkasau untuk ditangani lebih serius.

“Sementara untuk penumpang yang tujuannya Parepare kita akan lakukan isolasi mandiri, dan pemantauan secara berkala serta diminta untuk sementara tidak berinteraksi dengan keluarga, kerabat, atau warga sekitar rumahnya, hingga masa inkubasi 14 hari selesai,” tandasnya.

Tercatat ratusan penumpang tersebut akan berlabuh di Kota Parepare, yang terdiri dari beberapa Daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Barat. (7ar)