Imbas Covid-19, Pemkot Parepare Perketat Penjagaan di Pelabuhan

oleh

MACCANEWS, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Parepare melakukan pemantauan dan pendataan penumpang di Pelabuhan Nusantara.

“Jadi setiap penumpang kapal yang turun kita cek kondisi kesehatannya, kita lihat KTP nya kemudian kita data daerah yang akan dituju. Jika warga Parepare dan tujuan Parepare, maka akan kita koordinasikan dengan pemerintah kecamatan tempat tinggalnya untuk kemudian dilakukan pengawasan terhadap warga tersebut selama 14 hari,” Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinkes Parepare, Halwatiah, Selasa (07/04/20).

Selanjutnya kata dia, penumpang asal dan tujuan Parepare, akan ditetapkan menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG) atau Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan akan diisolasi mandiri.

“OTG di sini pengawasannya bisa hanya melalui telepon namun tetap ada tim yang mengawasi langsung. Kalau penumpang ditetapkan sebagai ODP tanpa ada gejala flu dan batuk, maka akan dikoordinasikan dengan pemerintah kecamatan setempat untuk melakukan pengawasan selama 14 hari,” ujarnya.

Namun, kata Halwatiah, jika penumpang itu ada gejala flu dan batuk, meskipun ringan, maka akan dibawa ke RSUD Andi Makkasau Parepare untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.

“Sementara itu, untuk penumpang tujuan daerah lain maka akan dilakukan pemetaan daerah tujuannya dan dikoordinasikan lebih lanjut,” kata Halwatiah.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menginstruksikan agar penjagaan pintu pelabuhan diperketat, menindaklanjuti imbauan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat mengunjungi Pelabuhan Nusantara beberapa waktu lalu.

“Harus lebih diperketat lagi, ini untuk kepentingan bersama,” ujarnya