Sepekan 1.000 Penumpang Turun di Pelabuhan, Taufan: Disarankan Isolasi Mandiri

oleh

MACCANEWS, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare meminta Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullan agar mempertimbangkan wacana isolasi penumpang yang turun di Pelabuhan Nusantara Parepare, lantaran dari data yang dihimpun, dalam sepekan penumpang yang turun di Pelabuhan Nusantara Parepare mencapai 1000 orang.

Dengan jumlah tersebut, dimana warga akan dikarantina dalam bentuk isolasi selama 14 hari. Apalagi ribuan penumpang itu, didominasi warga luar daerah.

“ Hanya 10 persen warga parepare, selebihnya warga luar daerah. Makanya kami sarankan agar melakukan isolasi mandiri dirumah masing-masing,” ujar Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, Selasa (07/04/20).

Ia mengatakan, hasil kesepakatan bersama Forkopimda Parepare melaporkan kondisi itu kepada Gubernur beserta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulsel, agar mempertimbangkan wacana isolasi penumpang.

“Ada beberapa rekomendasi kesepakatan Forkopimda, kami akan laporkan ke tingkat provinsi sekaligus diikuti opsi. Kami harap Bapak Gubernur, Pangdam, Kapolda, Kajati, dan Tim Gugus Tugas Provinsi bisa memahami kondisi di Parepare. Tapi kami juga berikan rekomendasi solusi,” ujarnya.

Sejauh ini, kata Taufan, langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di pelabuhan sudah intensif dilakukan oleh Pemkot melalui Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Tim Gugus Tugas Covid-19. Salah satunya dengan melakukan proteksi terhadap penumpang kapal yang turun di pelabuhan.

“Seperti saat KM Kirana yang berasal dari Balikpapan bersandar dengan memuat kurang lebih 165 penumpang, mereka dijemput langsung oleh Pemerintah Daerah mereka berasal. Namun, sebelum dibawa dilakukan dulu sterilasi kepada penumpang,” katanya. (7ar)