Positif Covid-19 Bertambah, Taufan : Akibat Transmisi Lokal

oleh

MACCANEWS, PAREPARE- Covid-19 di Parepare kian bertambah. Dari data yang dihimpun hingga kini warga yang positif virus corona menjadi delapan orang.

Hal itu disampaikan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe melalui laman media sosial Instagram (IG) miliknya.

“Siang ini kami mengumumkan, bahwa jumlah pasien positif corona saat ini menjadi delapan orang,” ujar Taufan.

Peningkatan tersebut lanjut dia, disebabkan oleh transmisi lokal akibat perkumpulan makan kapurung yang kini disebut kalster kapurung. Dimana, mengakibatkan lima kasus positif di Lompoe Mas, Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, dan dua di Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Parepare.

“Dan satu penularan lainnya merupakan cluster KM Lambelu,” lanjut Taufan.
Taufan juga mengungkapkan, warga parepare yang terpapar Covid-19 ditangani oleh rumah sakit yang berbeda.

“Delapan kasus itu, enam di antaranya dirawat di RSUD Andi Makkasau, satu di RS Sumantri, dan satu dirujuk ke RS Wahidin. Selain itu ada 12 pasien PDP di RSUD Andi Makkasau yang sedang menunggu hasil swab tes,” ungkapnya.

Dengan adanya penambahan pasien, Taufan mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perkumpulan. Pasalnya, penularan virus ini diakibatkan karena transmisi lokal.

Sementara juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kota Parepare, Halwatiah memaparkan, selain delapan pasien positif, ada 89 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan 857 Orang Tanpa Gejala (OTG).

“857 OTG ini, 408 di antaranya masih proses pemantauan yang tersebar di 22 kelurahan dan patut kita waspadai, sedangkan 449 selebihnya sudah selesai kita pantau dan bisa dikatakan aman karena sudah melalui masa inkubasi,” paparnya. (*)