Aktivis Gerakan Sosial Bantaeng, Mengapresiasi Media

oleh

 

MACCANEWS – Aktivis Gerakan Sosial Bantaeng Restu AN mengapresiasi kepedulian kepada rekan-rekan media dalam mengambil peran terhadap musibah banjir.

Peran serta keterlibatan media sangat menunjang penyebaran informasi dalam penanganan musibah banjir di Bantaeng.

Hal ini menurutnya, bagian dari wujud kepedulian sebagai penyaji karya tulis untuk konsumsi publik.

“Saya sangat mengapresiasi kerja-kerja teman jurnalis yang mengambil peran dalam menyebarluaskan informasi terkait korban banjir di Bantaeng ,” ujar Restu saat ditemui media ini Sabtu, 20 Juni 2020.

Tak hanya itu menurut Aktivis Pemuda Bantaeng ini,selain tupoksi penyalur informasi di media. Salah satu Lembaga Pers Jurnalis Online Indonesia (JOIN ) turun lansung dilapangan dan ikut berkontribusi menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir.

“Saya sangat salut terhadap salah satu Lembaga Pers yang ada di Bantaeng, selain fungsi pewarta,mereka juga terlibat lansung dilapangan berkolaborasi untuk menyalurkan bantuan,”tandasnya.

Masih kata Restu, dalam kondisi pemulihan musibah banjir yang dilakukan pemerintah dan sejumlah pihak,itu merupakan bagian dari konsumsi publik.

“Ada satu yang tak luput dari perhatian saya beberapa hari terakhir, seharusnya bagi warga Bantaeng yang memiliki kapasitas bergelut jadi pewarta,tentunya lakukanlah sesuai basic yang dimiliki,bukan saling mengkritik antara satu dengan yang lainnya sehingga profesinalisme kerja dapat terwujud,” Cetus Restu.

Lebih jauh kata Restu bahwa, Fungsi kontrol sosial itu juga punya batasan orentasinya, bagi kuli tinta perlu juga mengedepankan nilai-nilai etika.

Mari salurkan berita yang sehat informasi.kuncinya chech and balance serta jujur dan berimbang sesuai dengan amanat UU Nomor 40 Tahun 1999.

Selain itu, imbuh Restu, tentunya harapan saya,melalui moment ini marilah kita bersatu dalam menangani banjir yang terjadi di Bantaeng sebagai wujud kepedulian yang baik kedepan.

“Jadi selain fungsi menyebarkan berita kepada masyarakat, teman teman media agar ikut berperan aktif sebagai penggiat sosial.Dan kedepannya antara fungsi pewarta dan fungsi sosial dapat sejalan. Dimana nantinya akan memberikan total control terhadap kebijakan yang dijalankan,” tandasnya.

“Saya akui bagi rekan-rekan jurnalis yang kreatif bergerak ikut terlibat dalam misi kemanusiaan,salut dan jempol,” akunya.-(*)