Pemkot Parepare Intensifkan Pengawasan Pangan

oleh

MACCANEWS, PAREPARE- Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan, bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan terus mengintensifkan pengawasan pangan di sejumlah pasar dan rumah produksi roti mantau di Kota Parepare.

Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Kesehatan, Halwatiah menyampaikan selain melakukan pemantauan, para pedagang juga diberikan edukasi terkait produk yang dijual.

“Kita berikan edukasi tentang manfaat dan bahaya dari produk yang dijual, dengan cara mengambul sampel yang dijual. Setelah hasilnya keluar, kami beritahu pedagang apakah produk tersebut masih bisa dipergangkan atau tidak,” katanya.

Halwatiah juga mengingatkan para pedagang jeli melihat kondisi produk yang dijual. Yakni dengan memperhatikan tanggal kedaluarsa maupun izin BPOMnya.

Sebelumnya, Ketua Pasar Aman Parepare, Iwan Asaad mengatakan, OPD Tekhnis yang bergabung dalam Tim Koordinasi Pengawasan Pasar Aman, memeriksa pangan sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

“Tujuannya yakni menjamin pangan dan makanan yang dikonsumsi masyarakat bebas dari bahan berbahaya seperti formalin, borax dan rhomamin methyl yellow,” katanya.

Sementara Wali Kota Parepare mengingatkan, pentingnya untuk memastikan pasar aman dari bahan berbahaya demi menjamin kesehatan dan keamanan masyarakat.

“Semua produk yang diperjualbelikan dipasar harus aman dari bahan berbahaya. Apalagi sekarang kita masih dibayang-bayangi pendemi Covid-19,” ujar Taufan. (7ar)