Pendemi Covid-19, Laju Inflasi Kota Parepare Terkendali

oleh

MACCANEWS, PAREPARE- Di tengah pendemi Covid-19 di Kota Parepare selama beberapa bulan terakhir, Ekonomi Kota Parepare justru relative stabil atau tercatat mengalami inflasi pada angka 0,14.

Hal itu disampaikan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, saat menggelar Rapat Virtual bersama dengan SKPD, Camat, Lurah dan Kepala UPTD lingkup Kota Parepare, Rabu (10/06/20).

“Alhamdulillah sampai saat ini kondisi ekonomi kita masih stabil. ini memberikan gambaran jika kondisi Parepare, meskipun dalam situasi pendemi Covid-19 masih tetap dalam keadaan yang baik,”kata Taufan Pawe.
Taufan menuturkan, kondisi ini memberikan gambaran jika siklus pangan di Kota Parepare bisa tertangani dengan baik, bahkan Parepare diyakini menjadi kota yang sangat siap dan matang soal kebutuhan pangan.

“Sesuai dengan analisis dan koordinasi dengan bulog Kota Parepare, pangan kita saat ini sebanyak 16.638 ton, sementara kebutuhan stok pangan setiap bulannya di Kota Parepare sebanyak 900 ton, sehingga bisa dipastikan stok kita bisa terpenuhi 18 bulan kedepan. Tidak hanya itu, setelah dipantau kesiapan Parepare dalam menghadapi krisis kemarau yang akan terjadi kedepannya tidak akan terpengaruh terhadap pasokan pangan kita,” ungkap Taufan.

Lebih lanjut, Taufan mengatakan bahwa Gini Ratio (Kesenjangan) masih dalam kondisi yang baik.

“Standar Gini ratio (Kesenjangan) normal tertinggi berada diangka 0,5. Kita bisa berada dibawahnya atau berada diangka 0,35, dengan paparan itu kemudian menandakan kita pada kondisi dan tataran yang stabil, namun kita tetap waspada dan tetap melakukan sejumlah kajian atau simulasi dalam mengendalikan keadaan ini,” lanjutnya.

Ada beberapa sektor yang sangat memberikan dampak domino atas mewabahnya virus ini, kata Taufan, yakni distribusi barang dan jasa, permintaan barang, penurunan daya beli masyarakat, perhotelan dan juga Sektor Pariwisata.

“Yang terganggu saat ini itu berkaitan dengan barang dan jasa,” ujar Taufan. (7ar)