Pemkot Parepare Gratiskan Rapid Test Bagi Mahasiswa Yang Kuliah Di Luar Kota

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE– Mahasiswa asal Parepare yang akan kembali melakukan kegiatan belajar di Kota Makassar kini tidak perlu khawatir terkait Surat Keterangan (Suket) bebas Covid-19 maupun biaya rapid test. Pasalnya, rapid test yang dipatok sebesar Rp. 100 ribu oleh Kementerian Kesehatan, tidak dipungut biaya apapun bagi mahasiswa yang akan kembali melanjutkan pendidikannya.

Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

“Untuk mahasiswa, pelajar atau pendaftar yang hendak kuliah kita sementara membuka layanan rapid test gratis dan memberikan suket untuk perjalanan keluar kota secara gratis. Hal itu agar tidak membebani warga yang hendak melakukan perjalanan karena persoalan pendidikan,” ungkap Taufan.

Taufan menuturkan, jika untuk kebutuhan lainnya, misalnya karena hanya ingin jalan-jalan atau pekerjaan bisnis, atau kebutuhan bisnis, atau aktivitas warga lainnya, pihaknya baru akan melakukan pengkajian melihat standar urgensi dari keterangan tersebut.

“Kita sampai saat ini belum ada peraturan daerah, ataupun peraturan wali kota terkait kebijakan tersebut, karena kita khawatirkan jangan sampai ini justru dimanfaatkan beberapa pihak untuk mengambil keuntungan, padahal kita mau rapid test gratis ini tepat sasaran, dan dipergunakan warga Parepare yang memang karena kondisi yang mendesak,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk rapid test gratis juga selama ini berlangsung di RSUD Andi Makkasau, bagi warga yang dinyatakan pernah kontak atau keluarga dari pasien terkonfirmasi, dalam rangka melakukan tracking atau tracing dalam penanganan virus tersebut.(7ar)