ITH Menjadi Kado Special Parepare Pada HUT RI Ke-75

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE– Meskipun perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, namun nyatanya hal itu tidak mengurangi makna dan rasa nasionalisme.

 

Bahkan, pada HUT RI Ke-75 tahun ini, Kota Parepare mendapatkan kado special dengan terpenuhinya salah satu Visi dan Misi dari Wali Kota terpilih Taufan Pawe dan Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim pada pilar Pendidikan, yakni terwujudnya Institut Tekhnologi Habibie (ITH).

 

“Di momen 17 Agustus ini kami mendapat kado dari pemerintah pusat karena adanya ruang dan peluang kita tahun 2021 sudah bisa menerima mahasiswa baru ITH secara mandiri,” ungkap Taufan Pawe usai pelaksanaan upacara penaikan bendera merah putih di halaman kantor Walikota Parepare, Senin, (17/8/2020).

 

Sebagai kepastian terwujudnya ITH, Pemerintah Kota Parepare telah menghibahkan empat aset daerah dalam proses pendirian ITH, melalui Kemendikbud, yaitu tanah Gedung Pemuda, tanah kantor pemerintah eks BKPSDMD Kota Parepare, lahan ITH di Kelurahan Lemoe Kecamatan Bacukiki, dan aset tetap lainnya.

 

Dimana, gedung eks BKPSDMD menjadi Kampus I ITH, Gedung Pemuda Kampus II, dan Lemoe Kampus III yang dilengkapi dengan lima sertifikat.

 

Sementara, Kepala Bappeda Parepare, Syamsuddin Taha menambahkan, ruangan di gedung eks BKPSDMD diperuntukkan untuk ruang rektor, wakil rektor, kepala biro, ruang sekretaris rektor, ruang pertemuan dosen, ruang pelayanan administrasi, ruang ketua prodi, ruang dekan, 3 ruang dosen, aula, laboratorium komputer, ruang perpustakaan.

 

“Kemudian terdapat pula ruang kuliah lengkap perlengkapan kuliah, ruang seminar dan ruang staf teknisi,” ujar Syamsuddin.

 

Selain tanah, Pemkot Parepare juga menghibahkan inventaris berupa peralatan dan mesin, yang terdiri dari alat-alat kantor dan rumah tangga, termasuk perlengkapan komputer dan meja.

 

Sementara aset gedung dan bangunan yang akan dihibahkan terdiri dari Gedung Pemuda seluas 2.330 m2 dan gedung eks BKPSDMD/DPRD Parepare seluas 2.476 m2.

 

“Sedangkan aset tetap lainnya yang akan dihibahkan adalah aset dalam bentuk buku perpustakaan dengan jumlah 1.057 eksemplar atau 600 judul sesuai kebutuhan rencana Prodi,” jelas Syamsuddin (7ar)