Kasus Positif Covid-19 Bertambah Satu Orang

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE– Sempat melandai, kasus positif Covid-19 di Parepare bertambah satu orang. Meski begitu, ada satu pasien juga yang dinyatakan sembuh setelah melalui proses isolasi mandiri.

 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare, Halwatia mengatakan, satu kasus baru terkonfirmasi positif ini merupakan seorang pensiunan guru inisial Ny IM, berusia 60 tahun, yang tinggal di Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Soreang.

 

“Jadi secara akumulasi per 19 Agustus 2020, ada 108 kasus di Parepare, dari sehari sebelumnya 107 kasus. Namun dari 108 kasus ini, sudah 103 yang sehat, tersisa 5 kasus aktif,” kata Halwatia, Kamis (20/8/2020).

 

Dari 5 kasus aktif ini, 1 dirawat di RSUD Andi Makkasau yakni Ny IM, 1 dirujuk ke Makassar, dan 3 dalam isolasi mandiri.

 

Ketiga orang dalam isolasi mandiri itu adalah 2 orang PNS Pemkot Parepare, inisial Ar dan A. Serta 1 lagi pegawai PN Parepare, inisial M.

 

Sementara angka Reproduksi Efektif (Rt) Parepare per 19 Agustus 2020 masih dikategorikan stabil terkendali di bawah 1, yakni 0,66. Turun 1 digit dari sehari sebelumnya 0,67.

 

“Ya meski angka Rt di bawah 1, tapi protokol kesehatan tetap wajib ditegakkan. Paling mudah minimal selalu menggunakan masker saat keluar rumah, dan biasakan selalu cuci tangan saat berada di luar rumah serta jaga jarak. Jika kurang sehat sebaiknya isolasi mandiri di rumah,” ingat Halwatia yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare.

 

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, menghindari keramaian, dan melakukan silaturahmi secara virtual.

 

“Pada intinya, kami terus mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Sudah menjadi hal mutlak untuk menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari keramaian. Jaga diri ta’, jaga keluarga ta’ agar terhindar dari paparan Covid-19,” tandasnya.(7ar)