Keluarkan Kebijakan Aktivitas Perdagangan, TP : Tidak Taat Akan Kena Sanksi

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE– Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mengeluarkan kebijakan terbaru terkait aktivitas operasional hotel, wisma, toko, swalayan, retail modern, restoran, rumah makan, dan kafe atau warung kopi di masa pandemi Covid-19.

 

Dalam Surat Edaran Wali Kota Nomor 130.7/128/HKm tentang Aktivitas Perdagangan Pada Masa Pandemi Covid-19 tertera bahwa setiap usaha wajib mematuhi protokol kesehatan. Termasuk mengatur waktu operasional usaha yakni tidak ada lagi aktivitas setelah pukul 23.00 Wita.

 

“Mematuhi pengaturan sirkulasi dan batasan waktu kunjungan serta jumlah pengunjung maksimal 40 persen dari kapasitas ruangan pada saat kondisi normal dengan menerapkan physical distancing dan kontrol yang ketat pada pintu masuk maupun pintu keluar yang diatur untuk mencegah terjadinya kerumunan sesuai dengan protokol kesehatan,” ujar Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

 

Bagi pelaku usaha yang tidak mengindahkan surat edaran tersebut akan dilakukan penindakan berupa peringatan hingga pencabutan izin usaha.

 

“Peringatan disini maksudnya, jika pelaku usaha sudah dua kali diberikan peringatan, namun belum mentaati, maka Tim Gugus Tugas bersama perangkat berwenang akan melakukan penutupan sementara tempat usaha. Untuk mengikatnya, pelaku usaha wajib menandatangani surat pernyataan bersedia mentaati protokol kesehatan yang diatur dalam surat edaran,” jelas Taufan. (7ar)