Perwali Terkait Penegakan Hukum Prokes Segera Disosialisasikan

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE– Peraturan Wali Kota (Perwali) terkait Mendisiplinkan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Parepare, mulai akan disosialisasikan selama satu bulan lamanya.

 

Asisten II Sekretariat Daerah Kota Parepare, Suriani mengatakan, sesuai dengan batas akhir pembuatan Perwali terkait penegakan disiplin Pencegahan Virus Corona pada 24 Agustus, sehingga menjadi acuan untuk melakukan sosialisasi terhadap perwali tersebut.

 

“Perwali ini besok sudah menjadi batas akhir penyusunan sehingga kemudian bisa dipastikan senin besok sudah mulai dilakukan sosialisasi selama satu bulan,” katanya.

 

Untuk tahapan sosialisasi nantinya, lanjut dia, lebih banyak terkait penyampaian atau imbauan kepada masyarakat, tentang bahaya virus tersebut, dan bagaimana masyarakat patuh dan taat terhadap Protokol Kesehatan sebagaimana diatur dalam Perwali tersebut.

 

“Perwali itu sendiri diterbitkan sesuai dengan interupsi Presiden nomor 6 tahun 2020, dan Interupsi Menteri nomor 4 tahun 2020,” katanya.

 

Ia menjelaskan, pemberlakuan denda dan juga sanksi sesuai Perwali tersebut, baru akan diberlakukan setelah masa sosialisasi selama satu bulan selesai dilakukan.

 

“Setelah masa sosialisasi ini selesai, maka kita akan mempertegas Perwali tersebut, akan diberlakukan denda dan sanksi yang tegas sesuai yang tertuang dalam Perwali tersebut,” tegas Mantan Kabag Hukum Setdako Kota Parepare ini.

 

Sementara Sekretaris Kota Parepare, Iwan Asaad, mengatakan, Perkuatan dalam Perwali tersebut, kita tekankan beberapa hal termasuk didalamnya bagaimana pemberlakuan denda ini kita gunakan untuk dua pelanggaran.

 

“Jadi untuk sanksi dan dendanya sendiri itu kita mulai pertegas, agar mereka saling menjaga antara pengunjung dengan Pelaku usaha, maka kita berlakukan aturan denda bagi keduanya, jadi jika dalam suatu warung ada pelanggar maka yang kita denda yakni pelanggan dan juga pemilik warung, sehingga dengan demikian semua bisa patuh dan taat terhadap aturan tersebut,” ujar Iwan.(7ar)