Pemda Kota Parepare, Melalui Damkar dan PDAM Lakukan 3 Pemasangan Hydrant di 3 Kecematan

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE– Tahap Satu, Pemerintah Daerah Kota Parepare, melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Parepare Bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) memasang tiga Hydrant atau pipa sumber air pemadaman kebakaran, di tiga Kecamatan Kota Parepare, Sabtu (12/9/2020).

Sekertaris Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Parepare, Aswadi Talib, mengatakan, pemasangan Hydrant ini merupakan, tindak lanjut dokumen Rencana Induk Proteksi Kebakaran (RIPK) yang disusun oleh Tim Unhas bersama Pemda Kota Parepare, melalui Damkar Kota Parepare.

 

“Pemasangan ini juga bekerja sama dengan PDAM Kota Parepare. Saya berharap dengan adanya pipa tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, terkhusus untuk petugas damkar. Sehingga bila terjadi kebakaran, petugas damkar tak lagi kesusahan mencari sumber air,” ujarnya.

 

Selain itu, Aswadi. T, menambahkan, ditahap satu dengan 3 unit hydrant, jadi sementara kami dalam proses pemasangan Hydrant, diKecematan Bacukiki, Kecematan Ujung dan Kecematan Soreang, yang dianggap rawan terjadinya kebakaran,”ucapnya.

 

Untuk pengelolaan kedepan, lanjut Aswadi. T, akan dilakukan bersama sama dengan pihak terkait. Artinya tidak hanya oleh Damkar, tapi juga PDAM. Dan Damkar tetap akan berkoordinasi dengan PDAM untuk pemasangan Hydrant ini, pada jalur yang lancar Distribusi airnya.

 

Selain itu, Aswadi Talib menambahkan, ini masih tahap satu, dan kedepan rencananya akan menambah hydrant lainnya disejumlah titik di dalam kota Parepare. dimana sebelumnya sudah dilakukan pemetaan, dan hydrant sangat dibutuhkan di daerah-daerah perkantoran serta perumahan padat penduduk.

 

“Terutama di rumah sakit, kantor pemerintah, pada pemukiman padat dan pasar. Semoga kedepannya bisa lebih dari tiga titik. Selanjutnya akan dikaji lagi sesuai kebutuhan dan kesiapan anggaran,” ujarnya.(7ar)