MPN Pemuda Pancasila Beri Komando Dukung Danny Pomanto di Makassar

oleh

MAKASSAR – Pengurus MPW Pemuda Pancasila Sulsel akhirnya menjatuhkan dukungan kepada M Ramdhan “Danny” Pomanto di Pilkada Makassar 2020. Dukungan ini menindaklanjuti surat edaran MPN Pemuda Pancasila tertanggal pada 21 September lalu.

Sekretaris Umum MPW PP Sulsel, Sibali menjelaskan, salah satu poin dalam surat edaran itu adalah mengutamakan dukungan kepada kader Pemuda Pancasila. Danny Pomanto sejauh ini satu-satunya kader yang ikut berkompetisi pada Pilkada Makassar.

“Pada prinsipnya kami di daerah ikut instruksi MPN. Kalau hanya satu kader misalkan di Makassar, secara otomatis kewajiban hanya mendukung Pak Danny,” jelas Sibali, Jumat (2/10/2020).

Dengan adanya surat edaran itu, kata Sibali, maka otomatis menjadi landasan dalam mengarahkan dukungan. Danny saat ini dipercaya sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) MPC Pemuda Pancasila Kota Makassar.

“Jadi ini bagaimana menegakkan aturan dalam organisasi saja. Bukan karena siapa yang maju atau tidak. Ini saya bicara secara organisasi,” pungkasnya.

Terpisah, Wakil Ketua Umum Majelis Pemuda Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, Ahmad Ali menjelaskan, secara garis besar kader dipersilakan menggunakan hak pilihnya kepada siapa saja. Dengan catatan, selama dalam kontestasi tersebut tak ada kader dari Pemuda Pancasila.

“Jadi Pemuda Pancasila itu ada di mana-mana, tapi tidak kemana-mana. Silakan kader menggunakan hak pilihnya kepada siapa saja. Selama tak ada kader ikut maju atau berkompetisi,” kata Ahmad Ali yang diamanahkan menjabat di bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Kader se-Indonesia.

Ketua Fraksi NasDem DPR RI itu menambahkan, bila ada kader yang ikut berkompetisi, maka sudah menjadi kewajiban mendukungnya. Tak ada alasan apapun.

Ia mencontohkan kontestan di Pilkada Makasaar. Dari empat paslon yang bertarung, Danny Pomanto satu-satunya kader dari Pemuda Pancasila. Malah, Danny sudah menuju dua periode mengemban jabatan Ketua Majelis MPO MPC Pemuda Pancasila Kota Makassar.

“Ada kader pemuda pancasila ikut maju seperti DP (Danny Pomanto) di Makassar, itu wajib kita dukung. Dan ini perintah,” tegas Ahmad Ali.

Pihaknya juga mengingatkan kepada pihak-pihak membawa nama Pemuda Pancasila kepada kandidat lainnya yang memang diketahui bukan kader. (*)