Pulihkan Ekonomi Makassar, Danny: Mulai dari Bisnis Hotel dan Restoran

oleh

MAKASSAR – Walikota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menerima lawatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, di kediamannya Jalan Amirullah, Senin (22/3/2021).

“Tujuan Makassar Recover untuk semua bisnis, terutama hotel dan restoran. Saya ingin ekonomi Makassar pulih dimulai dari hotel dan restoran,” tegas Danny mengajak PHRI untuk mensukseskan Makassar Recover.

Menurutnya, jika semua stakeholder di Kota Makassar mengambil peran dan dan mendukung penuh regulasi Makassar Recover. Maka, Walikota penerima 192 penghargaan tersebut yakin masa pandemi tidak lama lagi akan berakhir.

“Sebab inti kesuksesan program itu adalah ketaatan terhadap perencanaan, termasuk saya, wajib taat terhadap aturan yang sudah kita sepakati,” imbuhnya.

Sebagai penguatan, Danny mengaku akan menerbitkan perwali untuk solusi kemunduran kunjungan hotel dan sepinya rumah makan saat ini.

“Kita akan atur regulasinya untuk mensiasati keluhan-keluhan yang ada. Semua itu tak lepas dari konsep smart Makassar Recover, inilah strategi atas kepedulian kita untuk pulih dan selamat,” terangnya.

Zoom meeting lanjut Danny akan diawasi oleh master covid Kecamatan dan Kelurahan. Begitupun satgas dan relawan covid, siap bergerak simultan memonitoring indeks kepatuhan protokol hotel dan restoran.

Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga, mengaku siap berkolaborasi dengan program prioritas Pemkot Makassar tersebut.

“Ini semua untuk kita, program multi inovasi ini sangat memberi solusi. Kami siap mematuhi semua aturan dalam Makassar Recover,” ujarnya.

Salah satu bentuk dukungan PHRI dalam Makassar Recover kata Anggiat adalah  kegiatan vaksin terhadap 5.000 karyawan hotel dan rumah makan di Kota Makassar.

Sementara, PLh Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muh Roem, mengatakan, akan melanjutkan pembahasan secara teknis dengan pihak PHRI.

Termasuk mengakomodasi persiapan penerapan Makassar Recover serta pembukaan catering umum di hotel dengan menerapkan protocol covid ketat. (*)