Peringatan Harlah ke 3, Bawaslu Gowa Diminta Lebih Kuat Kawal Demokrasi – Maccanews

oleh

Macca.news – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar syukuran Ulang Tahun yang ke 3 di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Gowa, Minggu (15/08/2021).

Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Laode Arumahi dalam sambutannya menyampaikan sejarah singkat Bawaslu yang dulunya lembaga ad hock hingga menjadi lembaga permanen yang mengawasi jalannya Tahapan Pemilu dan Pemilihan.

“Melalui amanah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum untuk pertama kalinya pada Tanggal 15 Agustus 2018, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten menjadi Bawaslu Kabupaten,” urainya.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulse lainnya, Koordiv Hukum, Adnan Jamal menyampaikan sejumlah harapannya di ulang tahun Bawaslu Kabupaten Gowa.

“Di Ulang Tahun ke tiga Bawaslu Kabupaten Gowa ini, saya berharap jajaran Bawaslu Kabupaten Gowa tetap menjaga kesehatan, menjaga solidaritas internal, profesional dalam bekerja serta memperkuat koordinasi Lembaga untuk menghadapi Pemilihan Umum serentak Tahun 2024” harapnya.

Tak hanya itu, harapan juga datang dari Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang hadir pada tasyakuran Ulang Tahun Bawaslu Kabupaten Gowa.

“Ulang Tahun Bawaslu yang ke tiga ini tentu merupakan transformasi dari Panwaslu menjadi Bawaslu sehingga peranan dan kewenangannya juga bertambah, saya bisa menggaransi Bawaslu Kabupaten Gowa betul-betul melakukan Pengawasan yang ketat, lebih kuat lagi dalam mengawal demokrasi,” katanya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa, Samsuar Saleh menyebut di usia yang ke tiga Tahun Bawaslu Kabupaten Gowa telah menorehkan beberapa Pencapaian dan melewati dua perhelatan besar yakni Pemilihan Umum di Tahun 2019 dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020

“Di umur yang ke tiga tahun ini ada beberapa yang kami anggap sebagai pencapaian Bawaslu Kabupaten Gowa, seperti peraih keterangan terbaik kedua Nasional di Mahkamah Konstitusi melalui Bawaslu Awards RepubIik Indonesia serta terlaksananya Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 yang aman dan damai” demikian Samsuar.

Kegiatan ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid 19.

Hadir juga dalam kegiatan ini Anggota Bawaslu Kabupaten Gowa Koordiv Pengawasan, Juanto, Koordiv Hukum, Humas dan Datin, Saparuddin, Koordiv SDM dan Organisasi, Suharli, dan Koordiv Penanganan Pelanggaran, Yusnaeni.

Tak ketinggalan, Kapolres Gowa, AKBP Tri Goffarudin Pulungan, Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo, Kejari Kabupaten Gowa, Yeni Andriani dan Ketua KPU Kabupaten Gowa Muhtar Muis. (rls)

The post Peringatan Harlah ke 3, Bawaslu Gowa Diminta Lebih Kuat Kawal Demokrasi appeared first on Maccanews.

The post Peringatan Harlah ke 3, Bawaslu Gowa Diminta Lebih Kuat Kawal Demokrasi appeared first on Maccanews.