4 UPTD PAL Kabupaten Belajar Pengelolan Limbah di UPTD PAL Dinas PU Makassar

oleh

Macca.news – 4 Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Kabupaten di Sulawesi Selatan berkunjung ke Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) Nipa-Nipa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Rabu (15/09/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding, serta belajar proses pengolahan, serta mengetahui fungsi setiap unit pengolahan.

Kepala UPTD PAL Dinas Pekerja Umum (DPU) Kota Makassar Kerlinus Bumbungan menerima langsung peserta kunjungan.

“Ada 13 orang peserta kunjungan yang belajar ke IPLT Nipa-Nipa dan Kantor UPTD PAL Dinas Pekerja Umum Makassar,” kata Kerlinus.

Kerlinus menyebutkan, peserta berasal dari empat kabupaten di Sulawesi Selatan. Adapun empat kabupaten tersebut adalah Palopo, Pinrang, Sinjai dan Sidrap.

Kerlinus menjelaskan, keempat UPTD PAL di kabupaten itu baru saja terbentuk. Menginat UPTD PAL Dinas PU Kota Makassar merupakan UPTD PAL pertama di Indonesia.

“Kami bersyukur menjadi mentor dalam kegiatan ini. semoga yang dilakukan UPTD PAL Makassar bisa dicontoh oleh 4 UPTD PAL berkunjung, sehingga bisa meningkatkan efektifitas masing-masing UPTD PAL ini ke arah yang lebih baik lagi untuk bersama-sama memajukan pengelolaan air limbah di Sulsel,” tambah Kerlinus.

Sementara Ketua Yayasan Bakti Hamzah mengapresiasi agenda yang berjalan tadi. Menurutnya penerimaa Kepala UPTD PAL DPU Makassar sangat baik.

“Kami sangat mengapresiasi sambutan dari UPTD PAL Kota Makassar yang meluangkan banyak waktu menerima para peserta dan mendukung kegiatan kami, agar pengelolaan air limbah lebih efektif dan berkelanjutan di 4 UPTD PAL kabupaten di Sulsel,” terang Hamzah. (Nur)