Kebakaraan di Lapas Tangerang 41 Napi Tewas, 2 Diantaranya WNA

oleh

Macca.news – Sebanyak 41 warga binaan tewas dalam peristiwa kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten yang terjadi pada, Rabu (8/09/2021) waktu dini hari.

Dari kesemua korban yang meninggal terdapat dua warga negara asing, yaitu berkewarga negaraan Portugal dan Afrika Selatan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dalam konfrensi persnya terhadap awak media.

“Ada dua orang WNA. Satu warga negara (WN) Portugal dan satu WN Afrika Selatan,” ujar dia

Kemenkumham, kata Yasonna, telah bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, duta besar, dan konsuler dari negara para WNA yang meninggal tersebut.

Dia menambahkan, dari 41 napi itu, satu orang merupakan narapidana kasus pembunuhan, satu orang napi terorisme, dan yang lainnya napi kasus narkoba.

“Dari yang meninggal ada 41 orang, mohon maaf, satu (orang napi) tindak pidana pembunuhan, satu terorisme, dan lainnya tindak pidana narkoba,” kata Yasonna.

“Namun demikian, kami sekali lagi, kami menyampaikan duka yang mendalam kepada seluruh keluarga,” sambung dia.

Lebih lanjut, Yasonna mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran di Lapas kelas I Tangerang adalah persoalan instalasi listrik.

“Dugaan sementara adalah karena persoalan listrik arus pendek, namun demikian, sekarang Puslabfor Polri, Dirkrimum Polda Metro Jaya sedang meneliti sebab musabab dari kebakaran tersebut,” ujar Yasonna.

Diketahui Lapas Kelas I Tangerang dibangun sejak tahun 1972. Sehingga, pada tahun 2021 ini usia lapas tersebut telah jadi menginjak 42 tahun. (Nur)