Lamban Bergerak, Bagian Keuangan DPRD Berpotensi Renggankan Hubungan Baik Dewan dan Media

oleh

MACCANEWS – Media (cetak, elektronik, dan online) memiliki andil atau peran besar dalam mempublikasi kegiatan sekretariat DPRD di Kota Makassar, termasuk segala aktivitas politik para anggota dewan, seperti penyelenggaraan sidang-sidang DPRD, Reses, Sosper, Sosbang, dan lainnya.

Sehingga memungkinkan publik bisa mengetahui berbagai informasi terkait fungsi dan kinerja para wakil mereka di parlemen. Legislator sebagai mandataris rakyat pun dapat menunjukkan pertanggungjawaban mereka di ruang publik melalui bantuan media.

Akan tetapi, jalinan kemitraan antara media dan para wakil rakyat Kota Makassar ini berpotensi kurang baik dikarenakan kinerja di bagian keuangan sekretariat DPRD Makassar yang sangat lamban.

“Pada dasarnya, setiap media itu juga memiliki kebutuhan operasional masing-masing. Kami punya karyawan, wartawan, dan crew. Untuk bulan Juni-Juli saja biaya belanja jasa publikasi kami belum terbayarkan. Sementara sekarang sudah pertengahan Oktober 2021,” kata Manager Iklan Infoasatu.com Nurfadilah Muchdar, Senin (11/10/2021).

Karena itu juga berpengaruh pada proses peliputan di lapangan. Sehingga kerja-kerja media yang telah berusaha seprofessional mungkin menjadi terhambat.

Dengan kata lain, kata Fadilah, bagian keuangan di DPRD sangat tidak professional. Karena buruknya kinerja mereka sama saja tidak mendukung kerja-kerja yang dilakukan anggota DPRD yang juga berarti mengabaikan kepentingan rakyat.

Sementara itu, Kepala Seksi Humas Sekretariat DPRD Makassar Andi Taufiq Natsir saat dikonfirmasi mengaku tidak tahu-menahu  ikhwal masih banyaknya media yang belum terbayarkan.

“Setahu saya dokumen media sejak dua bulan lalu sudah di bagian keuangan, soal pencairan bukan ranah kami. Kami hanya menerima dokumen dan LPJ setelah itu diteruskan ke bagian keuangan untuk dibayarkan,” tukasnya.

“Kalau ada media belum terbayar, kami tidak tahu menahu. Silakan konfirmasi ke bagian keuangan,” singkat Taufik yang juga mantan Jurnalis ini mengakhiri chatnya via WhatsApp.