FKIK Unismuh Gelar Pelatihan BHD Untuk Security & Cleaning Service

oleh

MAKASSAR – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Gedung FKIK Unismuh, Jl. Sultan Alauddin, Makassar, pada Kamis (4/11/2020).

Peserta dalam pelatihan ini yakni cleaning service & security dalam lingkup Unismuh Makassar.

Wakil Dekan III FKIK Unismuh Makassar dr. Asdar Sp.B mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud pengamalan dari Tri darma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat mengadakan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD).

Ia mengatakan bahwa bantuan hidup dasar (BHD) itu sendiri merupakan suatu usaha yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kehidupan pada saat seseorang mengalami keadaan yang mengancam nyawa atau keadaan kegawatdaruratan.

“Peserta dilatih tentang cara melakukan pertolongan pertama pada kasus emergency yang mereka temukan,” ungkap dr. Asdar Sp.B saat dikonfirmasi.

Alumnus Fakultas Kedokteran Unhas ini mengatakan bahwa tujuan dari melakukan bantuan hidup dasar diantaranya mencegah berhentinya pernafasan, mencegah berhentinya sirkulasi atau Memberikan bantuan external terhadap sirkulasi dan ventilasi dari pasien yang mengalami henti jantung atau henti nafas melalui resusitasi jantung paru (RJP).

Dengan demikian, pihaknya berharap semoga dengan pelatihan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi semua peserta.

“Kejadian emergency bisa terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk di dalam kampus, oleh karena itu semua civitas akademika diharapkan bisa memberikan pertolongan pertama termasuk oleh security & cleaning service,” harapnya.

Diketahui pelatihan BHD ini dihadiri sekitar 40 peserta termasuk tenaga kependidikan.