Pengabdian Masyarakat, Dosen & Mahasiswa IISIP Yapis Biak Gelar Vaksinasi

oleh

BIAK – Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bersama Dosen Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak menggelar kegiatan vaksinasi dan pembagian masker bersama masyarakat.

Kegiatan dengan menggandeng TNI & Polri ini dilaksanakan di Aula Kelurahan Karang Mulia, Rabu (24/11/2021).

Turut hadir penyambutan dari dosen pembimbing IISIP Yapis Biak Bapak Rijal, S.Sos., M. AP. dan dokter Ulfa Madama perwakilan dari klinik polres Biak.

“Kegiatan ini sebagai wujud pengamalan dari Tri darma perguruan tinggi dan juga bagian dari program kerja mahasiswa kami,” ungkap Rijal dalam rilisnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen hingga bisa terlaksana kegiatan ini dengan baik.

Terpisah disampaikan, dr. Ulfa Madama selaku tim medis vaksinasi mengatakan bahwa isu terhadap bahaya vaksinasi yang bisa mematikan, pihaknya menyebut bahwa itu semua adalah berita hoax.

“Pemberitahuan tentang hal yang diberikan tentang vaksinasi yang memiliki micro cip, vaksin bisa merenggut jiwa itu semua hanyalah hoax,” kata dokter Ulfa Madama.

Setelah pemberian arahan tentang vaksinasi yang diberitahukan oleh dokter Ulfa Mandama menyampaikan, kegiatan vaksinasi di laksanakan di mulai dari mahasiswa dan mahasiswi IISIP Yapis Biak dan juga masyarakat yang baru pertama kali di vaksin.

Setelah itu pemberian vaksinasi kepada mereka yang melakukan vaksin yang kedua kalinya. Sebelum penyuntikan vaksin, para pasien di tanyakan dulu apakah mereka memiliki penyakit bawaan, dan juga keluhan penyakit yang di deritanya.

“Jenis vaksin yang diberikan adalah CoronaVac produksi Bio Farma, untuk yang memiliki penyakit kolestrol, darah tinggi, dan lain-lain, masih bisa di Vaksin. Dan juga setelah vaksinasi masih bisa untuk lansung bekerja hanya saja jangan sampai menguras tenaga,” tuturnya.

Terpisah disampaikan, Kepala kelurahan Karang Mulia Bapak Pontius Siep, S. IP turut mendukung pelaksanaan yang dilaksanakan dosen dan mahasiswa beserta TNI dan polri, dan juga Bapak Serka Mathias David Metikore Babinsa Koramil 1708-01/BK ikut serta dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di kelurahan karang mulia.

“Semoga dengan ikhtiar vaksinasi ini bagian dari memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 dan terhindari dari segala penyakit, terutama mari meningkatkan protokol kesehatan bersama,” harapnya.

Diketahui dalam kegiatan vaksinasi ini jumlah peserta vaksin sebanyak 30 Mahasiswa IISIP Yapis Biak dan sebanyak 10 masyarakat sekitar.