Yuk, Terapkan 5 Cara Ini agar Tidur Lebih Berkualitas! – Maccanews

oleh
Yuk, Terapkan 5 Cara Ini agar Tidur Lebih Berkualitas! - Maccanews

Tidur merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang wajib dipenuhi, agar tubuh bisa kembali segar saat bangun nantinya. Sayangnya, tak semua orang memiliki tidur yang berkualitas, sehingga saat terbangun tubuh masih tetap terasa lelah seperti sebelumnya. Maka dari itu penting untuk menerapkan tips tidur berkualitas, agar tubuh bisa beristirahat optimal.

5 Langkah Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur menurut depkes akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh seseorang. Misalnya saja, bagi anak usia 12 hingga 18 tahun yang tidurnya tak berkualitas dikarenakan waktu tidur yang kurang dari 9 atau 8 jam, akan membuatnya sulit untuk fokus pada saat belajar. Oleh sebab itu, agar tidur berkualitas bisa diperoleh, Anda bisa lakukan 5 tips langkah berikut ini.

1. Perhatikan Kualitas Sprei yang Anda Gunakan
Tahukah Anda kalau salah satu hal yang mempengaruhi kualitas tidur Anda adalah sprei yang Anda gunakan? Sprei atau alas kasur ini akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda kala tidur. Kondisi nyaman yang tercipta dari penggunaan alas kasur yang halus dan lembut, akan bisa membuat Anda tidur dengan nyenyak, serta yang pastinya berkualitas.

Saat memilih sprei, pilihlah sprei yang bahannya memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga panas udara tak akan terperangkap di dalamnya. Pasalnya, jika alas kasur ini terbuat dari bahan yang menyerap dan menyimpan panas, maka akan membuat suhu tubuh pun menjadi meningkat. Meningkatnya suhu tubuh akan membuat tubuh jadi berkeringat saat tidur dan rentan terjaga.

Adapun bahan alas kasur yang direkomendasikan untuk bisa menghadirkan tidur yang berkualitas adalah bahan yang terbuat dari serat alami, misalnya seperti katun dan linen. Tak lupa, saat akan menggunakannya cuci terlebih dahulu agar terhindar dari iritan yang menempel pada saat pengemasan alas kasur tersebut.

Anda yang ingin mendapatkan alas kasur atau sprei untuk mendukung tidur yang berkualitas tidak sulit sebenarnya. Sprei dengan kualitas tinggi dijual secara online dan dapat Anda temui di Blibli. Ada begitu banyak toko terpercaya di Blibli, yang bisa Anda kunjungi untuk membeli sprei dengan kualitas terbaik.

Penawaran Blibli tidak hanya terletak pada kualitas sprei saja, tetapi juga menghadirkan beragam promo menarik untuk memanjakan konsumennya. Anda berpeluang untuk memperoleh diskon hingga cashback dengan melakukan pembelian sprei di Blibli. Jadi, tidak hanya mendapat sprei yang berkualitas tetapi juga harga yang didapatkan lebih terjangkau.

2. Atur Jadwal Tidur
Tips tidur berkualitas selanjutnya adalah dengan mengatur jadwal tidur Anda. Usahakan untuk tidur di waktu atau jam yang sama setiap harinya. Penetapan waktu untuk tidur yang konsisten ini, akan membuat tubuh terbiasa dengan siklus tidur dan bangun yang telah dirancang. Alhasil, tidur yang berkualitas pun akan bisa didapatkan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memenuhi jumlah waktu tidur yang direkomendasikan, sesuai dengan usia Anda. Misalnya saja, bagi orang dewasa, waktu tidur yang direkomendasikan adalah tidak kurang dari 7 jam, serta tak lebih dari 8 jam. Layaknya kurang jam tidur, tidur melebihi jumlah waktu yang direkomendasikan akan membuat tubuh malah menjadi tidak segar saat bangun.

3. Perhatikan Asupan Makan dan Minum
Tidur yang berkualitas adalah tidur yang mana waktunya cukup dan tubuh terasa nyaman dan segar saat bangun nantinya. Kondisi tersebut di antaranya bisa diperoleh dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman setiap harinya. Jangan pergi tidur di saat perut terasa lapar atau terlalu kenyang, karena akan bisa mengganggu kenyamanan saat mencoba untuk tidur nantinya.

Khusus bagi Anda yang mengkonsumsi kopi, sebaiknya hindari kebiasaan mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein ini menjelang tidur. Pasalnya, efek kafein bisa berlangsung selama berjam-jam, sehingga membuat Anda sulit untuk tidur. Pada saat tidur pun, efeknya bisa membuat tidur jadi kurang berkualitas.

4. Hindari Tidur Siang yang Terlalu Lama
Salah satu alasan mengapa tidur di malam hari jadi tak berkualitas adalah karena Anda sudah tidur siang sebelumnya dengan waktu yang lumayan panjang. Perlu Anda ketahui bahwa tidur siang yang begitu lama, akan bisa mempengaruhi kualitas tidur di malam hari. Batasi waktu tidur siang Anda, dengan waktu paling lama sekitar 30 menit. Tak lupa, hindari tidur di kala sore hari.

5. Tidur dengan Perasaan yang Tenang
Salah satu kondisi yang membuat Anda tak mendapatkan tidur yang berkualitas adalah karena sedang dalam kondisi banyak pikiran atau stres. Kondisi tersebut kemudian mengintervensi tidur Anda, sehingga membuat Anda jadi tak tenang dan nyaman saat tidur nantinya. Kondisi ini tak jarang membuat Anda sering terjaga kala tidur, serta bangun dalam kondisi yang tak segar.
Agar tidur bisa jadi nyenyak dan berkualitas, Anda bisa coba untuk menghilangkan atau menyelesaikan dulu hal yang membuat pikiran Anda jadi terbebani. Jika ada pekerjaan yang belum selesai, Anda bisa coba selesaikan dahulu. Biasakan diri untuk melakukan manajemen stres, sehingga stres atau beban pikiran yang Anda rasakan, tak membuat waktu tidur Anda jadi terganggu.
Itulah tadi 5 tips tidur berkualitas yang bisa Anda coba praktikkan di rumah. Dengan melakukan langkah di atas, akan bisa membuat Anda merasakan manfaat tidur berkualitas yang selama ini jarang Anda rasakan. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh dan pikiran Anda terasa segar kala bangun di pagi hari, sehingga Anda pun semangat dalam menjalankan aktivitas.

The post Yuk, Terapkan 5 Cara Ini agar Tidur Lebih Berkualitas! appeared first on Maccanews.