Beli Motor untuk Bekerja? Lebih Baik Cash atau Kredit? – Maccanews

oleh
Beli Motor untuk Bekerja? Lebih Baik Cash atau Kredit? - Maccanews

Setiap orang pasti membutuhkan kendaraan untuk bekerja atau berpergian. Motor menjadi salah satu kendaraan yang dipilih oleh banyak orang karena harganya yang terjangkau dan praktis untuk bepergian. Bagi beberapa orang membeli motor bukan hal yang mudah, karena harganya yang sudah berada di atas belasan juta rupiah.

Saat membutuhkan motor dalam waktu yang dekat entah itu untuk bekerja kata kuliah, banyak orang yang bimbang antara membeli motor secara cash atau dicicil saja. Tentu ada beberapa keunggulan tersendiri antara membeli motor secara cash atau kredit. Jika membeli secara cash mungkin Anda harus menabung dulu dalam beberapa bulan atau tahun ke depan, jika ingin membeli secara kredit Anda harus siapkan uang muka terlebih dahulu.

Beli Motor Cash atau Mencicil?

Bagi Anda yang masih bimbang membeli motor secara cash atau mencicil, Anda bisa simak ulasan berikut ini sebagai bahan pertimbangan. Berikut ulasannya:

1. Analisis Kebutuhan

Sebelum membeli motor, Anda bisa menganalisis kebutuhan terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa penting penggunaan motor ini dalam waktu dekat. Jika dalam waktu sekarang dan beberapa bulan kedepan Anda belum membutuhkannya, sebaiknya menabung dulu untuk membeli motor secara cash. Namun jika dibutuhkan dalam waktu dekat Anda bisa menabung untuk uang muka cicilan motor.

2. Sesuaikan Budget

Saat ini ada banyak pilihan motor yang bisa Anda pilih dengan berbagai pilihan harga. Sebaiknya Anda membeli motor sesuai dengan budget yang dimiliki saat ini. Anda bisa memperhitungkan besar uang muka, bunga dan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Anda bisa sesuaikan dengan kondisi finansial saat ini agar tidak menunggak pembayaran.

3. Anggaran yang Akan Datang

Anda juga harus memikirkan anggaran yang akan datang setelah Anda membeli motor baik pembelian secara kredit maupun tunai. Hal ini bertujuan agar pembelian motor tersebut tidak mengganggu rencana keuangan ada yang sebaiknya sudah disusun atau direncanakan dengan baik.

Misal, sebelumnya Anda memiliki tabungan untuk modal usaha, ketika berniat membeli motor, maka Anda bisa menghabiskan biaya tabungan tersebut. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli motor secara cash atau kredit agar bisnis tetap berjalan dan motor bisa didapatkan.

4. Pertimbangan Keuntungan dan Kerugiannya

Jangan terburu-buru dalam menentukan pembelian motor apakah secara cash atau kredit karena keduanya mempunyai keuntungan dan kerugiannya tersendiri. Sebaiknya Anda cari tahu keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan gunakan cara pembelian tersebut.

Misalnya, membeli motor cash membuat Anda terbebas dari hutang, namun tabungan Anda bisa ludes begitu saja untuk membayar motor secara cash. Membeli motor secara kredit bisa didapatkan dalam waktu singkat dan hanya menyiapkan uang DP saja, tetapi Anda akan terbebani hutang cicilan setiap bulannya.

Jika Anda membutuhkan biaya tambahan untuk membeli motor, Anda bisa melakukan pinjaman uang salah satunya di Tunaiku. Tunaiku merupakan fintech atau perusahaan teknologi finansial pertama yang ada di Indonesia yang memberikan layanan pinjam uang online.

Tunaiku menggunakan teknologi canggih dan data analytics yang tepat sehingga bisa melayani dengan optimal dan cepat. Anda bisa mengajukan pinjaman di aplikasi pinjam uang ini dengan mudah yaitu hanya dengan KTP. Pengajuan pinjaman hingga 20 juta rupiah.

Tunaiku menjadi salah satu produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang sudah terdaftar dan dinaungi oleh OJK. Sehingga, Tunaiku jadi aplikasi aman dan terpercaya

The post Beli Motor untuk Bekerja? Lebih Baik Cash atau Kredit? appeared first on Maccanews.