Usai Buka Musrenbang di Gantarang, Andi Utta Bagikan Bibit Unggul

oleh

MACCANEWS.- Usai menghadiri Musrenbang Kecamatan Gantarang, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf bersilaturahmi dengan Kepala Desa, Lurah, Kepala Dusun, Kepala Lingkungan se Kecamatan Gantarang, Kamis 10 Februari 2022.

Silaturahmi itu dirangkaikan dengan membagian Bibit Unggul yang berasal dari Tanggungjawab Sosial Lingkungan (TJSL) Perusahaan milik Muchtar Ali Yusuf.
Lokasi pembagian bibit dilaksanakan di Desa Bontomacinna dan Desa Palambarae Kecamatan Gantarang.

Andi Utta sapaan akrabnya mengaku sengaja ingin menemui tokoh-tokoh masyarakat secara langsung, sembari mendengar kondisi di daerahnya. Sebab, ia menginginkan agar tak ada sekat antara dirinya dengan masyarakat Bulukumba.

Saya mau terus ada kedekatan antara pemerintah dengan masyarakat. Saya berikan kebebasan bagi kita semua untuk berkomunikasi ke saya. Jangan dibatasi, sehingga kita lebih dekat dan tidak ada jarak,” ujar Andi Utta.

Terkait bibit unggul, Ia menyebut pentingnya reformasi di bidang pertanian untuk mengangkat ekonomi masyarakat. Salah satu caranya, tanaman yang tidak produktif diganti dengan bibit unggul.

“Hasil pengamatan saya di negara lain seperti Vietnam, petaninya rata-rata kaya. Kenapa kita tidak bisa?, sementara potensi dan lahan pertanian kita sangat menjanjikan,” katanya.

Dengan begitu, Andi Utta berharap agar masyarakat dapat merubah mindset dan pola pikir untuk lebih produktif. Bibit unggul itu katanya, akan dirasakan manfaatnya ke depan.

“Kalau produksi dan kualitasnya bagus, jangan pernah takut dengan pemasarannya. Pengusaha akan datang langsung ke sini. Kalaupun tidak ada orang yang mau, maka saya siap bantu pasarkan,” katanya mencontohkan Keripik Nangka di daerah Malang.

Andi Utta juga mengajak warga untuk bersatu, bersama-sama membangun Kabupaten Bulukumba. Kata dia, beda dukungan di Pilkada itu biasa karena prinsip demokrasi adalah bebas mendukung, tapi harus santun.

“Lupakan yang lalu. Beda pilihan kemarin semoga dijadikan pembelajaran ke depan. Yang kurang baik agar diperbaiki secara positif,” katanya sembari membeberkan alasannya kembali ke Bulukumba semata-mata untuk memajukan daerah.

Gusti, mewakili Kepala Desa Bontomasila mengaku salut dengan kehadiran Bupati Andi Utta. Terobosan bupati pun dinilainya mengejutkan.

“Terbuktilah sekarang slogan ‘Dikerja Bukan Dicerita’. Pemaparan Pak Bupati tadi di sektor pertanian, mengejutkan. Saya kaget dengan jenis bibit ini,” katanya.-(*)

Editor Suaedy