Bulukumba Kerjasama LAN RI Bangun Laboratorium Inovasi

oleh

MACCANEWS,- Laboratorium Inovasi Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) resmi dibuka di aula Bappeda Kabupaten Bulukumba, Selasa 29 Maret 2022.

Kegiatan yang dikerjasamakan dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI ini, diharapkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mampu melahirkan inovasi dalam rangka perbaikan mutu atau kualitas pelayanan publik.

Ketua Pelaksana Laboratorium Inovasi (Labinov) Andi Syamsul Mulhayat mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan dan mendorong bibit-bibit inovator dalam mengembangkan inovasi melalui peran ASN.

“Caranya dengan berpikir secara kritis dan kreatif, sehingga mewujudkan pemerintahan yang baik ke depan,” katanya.

Kepala Bapelitbangda ini mengharapkan para peserta Labinov dapat mengikuti kegiatan ini guna mendorong adanya inovasi di setiap OPD.

Sementara itu, Sekda Bulukumba, Ali Saleng menyampaikan, pihaknya selalu mendorong agar ASN terus melakukan inovasi.

“Meski saat ini sudah ada beberapa inovasi yang dilakukan, namun belum secara terstruktur,” sebut Ali Saleng sambil menambahkan dibutuhkan perencanaan dan analisa yang baik terkait permasalahan yang ada.

Dulu saat menjadi Kadis Pariwisata, dia selalu memikirkan bagaimana cara meminimalisir kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kawasan wisata Tanjung Bira.

“Bentuk inovasi dilakukan dengan menerapkan karcis elektrik dari sebelumnya karcis manual. Hasilnya terjadi perubahan dua kali lipat dari PAD yang sebelumnya. Sehingga hal inilah yang jadi pemantik untuk menjadi sebuah inovasi daerah,” papar Ali Saleng.

Ali Saleng berharap, dipilihnya Bulukumba untuk bermitra dengan LAN RI melalui kegiatan laboratorium inovasi, maka ke depan akan semakin banyak inovasi yang dilakukan.

Sementara itu, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN LAN RI Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A menyampaikan bahwa di tahun 2045 Indonesia menargetkan menjadi empat negara besar di dunia. Salah satu langkah yaitu dengan perbaikan birokrasi melalui peningkatan SDM dengan melahirkan inovator-inovator baru.

Menurutnya, LAN memiliki peran sentral dalam melaksanakan pengembangan administrasi negara. Salah satu program prioritas nasional adalah melaui kegiatan laboratorium inovasi.

” Kabupaten Bulukumba perlu mengupayakan SDM yang unggul dan inovasi merupakan jawaban masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang terbaik,” ujarnya.

Ia pun mencontohkan kapal Pinisi yang dibuat Bulukumba sebagai sebuah hasil inovasi hasil karya anak bangsa.

“Inovasi itu juga membutuhkan kolaborasi untuk mewujudkan kesuksesan, sebagaimana nilai yang terkandung dalam budaya pembuatan perahu Pinisi,” terangnya sambil menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Bupati dan jajarannya sehingga kegiatan laboratorium inovasi di Kabupaten Bulukumba dapat dilaksanakan.(*)

Editor Suaedy